Get Profit

12.11.11

Dasar Wudhu, Mandi dan Tayamum

Allah berfirman dalam Al-Qur’an:
ﻴَٰٓﺄَﻴﱡﻬَﺎﭐﻠﱠﺬِﻴْﻦَﺀَﺍﻤَﻨُﻮْٓﺍﺇِﺬَﺍﻗُﻤْﺘُﻢْﺇِﻠََﻰﭐﻠﺻﱠﻟَﻮٰةِﻔَﭑﻏْﺴِﻠُﻮْﺍﻮُﺟُﻮْﻫَﻜُﻢْﻮَﺃَﻴْﺪِﻴَﻜَُﻢْﺇِِﻠَﻰﭐﻠْﻤَﺮَﺍﻔِﻖِِِِﻮَﭐﻤْﺴَﺤُﻮْﺍﺑِﺮُﺀُﻮْﺴِﻜُﻢْﻮَﺃَﺮْﺠُﻠَﻜُﻢْﺇِﻠَﻰﭐﻠْﻜَﻌْﺒَﻴْﻦِۚﻮَﺇِﻦْﻜُﻨْﺘُﻢْﺠُﻨُﺑًﺎﻓَﭑﻄﱠﻬﱠﺮُۚﻮْﺍﻮَﺇِﻦْْﻜُﻨْﺘُﻢْﻤﱠﺮْﺿَﻰٰٓﺃَﻮْﻋَﻠََٰﻰﺴَﻓَﺮٍﺃَﻮْﺟَﺂﺀَﺃََﺤَﺪٌﻤِّﻨْﻜُﻢْﻤِّﻦَﭐﻠْﻐَﺂﺀِﻄِﺄَﻮْﻠَٰﻤَﺳْﺗُﻢُﭐﻠﻨِّﺳَﺂﺀَﻓَﻠَﻢْﺗَﺠِﺩُﻮْﺍﻤَﺂﺀًﻓٓﺗٓﻳٓﻤﱠﻤُﻮْﺍﺼَﻌِﻳْﺩًﺍﻄَﻳِّﺑًﺎﻓَﭑﻤْﺴَﺣُﻮْﺍﺑِﻮُﺠُﻮْﻫِﻛُﻡْﻮَﺃَﻳْﺩِﻳْﻛُﻡْﻤِّﻧْﻪُۚﻤَﺎﻳُﺮِﻳْﺩُﭐﻠﻠﱠﻪُﻠِﻳَﺟْْﻌَﻞَﻋَﻠَﻳْﻛُﻢْﻤِِّﻦْﺣَﺮَﺥٍﻭَﻠَٰﻛِﻦْﻳُﺮِﻳْﺩُﻠِﻳُﻄَﻬِّﺮَﻛُﻢْﻭَﻠِﻳُﺘِﻢﱠﻨِﻌْﻣَﺘَﻪُ٫ﻋَﻟَﻳْﻜُﻢْﻠَﻌَﻠﱠﻜُﻢْﺘَﺷْﻜُﺮُﻭْﻦَ۞ ﴿ﺍﻟﻣﺎﺀﺩﺓ ׃ ٦﴾
Yaa ayyuhal ladziina aamanuu idzaa qumtum ilash shalaati faghshiluu wujuuhakum wa aidiyakum ilal maraafiqi wamsahuu biru-uusikum wa arjulakum ilal ka’baini. Wa inkuntum junubaan faaththahharuu wa inkuntum mardhaa au’alaa safariin au jaa-a ahaduun minkum minalghaa-ithi au laamastumuun nisaa-a falam tajiduu maa-an fatayammamuu sha’iidan tayyibaan faamshahuu biwuujuu hikum wa aydiikum minhu. Ma yuriidullaahu liyaj’ala ‘alaikum min harajiin wa laakin yuriidu liyuthahhira kum waliyutimma ni’matahu, ‘alaikum la’allakum tasykuruuna.
Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni’mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al Maa-idah: 6).

Rasulullah s.a.w bersabda:
ﻗَﺎﻞَﺮَﺴُﻮْﻞُﷲِﺻَﻠﱠﻰﷲُﻋَﻟَﻴْﻪِﻮَﺴَﻠﱠﻢَ׃ ﻻَﻳَﻗْﺑَﻞُﷲُﺼَﻼَﺓَﺍَﺣَﺪَﻛُﻢْﺍِﺫَﺍﺍَﺣْﺪَﺚَﺤَﺘﱠﻰﻳَﺘَﻮَﺿﱠﺎﺀَ٠ ﴿ﺮﻮﺍﻩﺍﻠﺑﺧﺮﻮﺍﻣﺴﻟﻴﻢ٫ﺍﺑﻮﺪﻮﺪﻮﺍﻟﺘﺮﻣﺰﻯ﴾

Qaala Rasuulullaahi shallallaahi ‘alaihi wasallam: Laa yaqbalullaahu shalaata ahadikum idzaa ahdatsa hattaa yatawadl-dla-a.
Rasulullah s.a.w. bersabda: Allah tidak akan menerima shalat salah seorang di antara kalian bila ia mempunyai hadast, kecuali dia berwudhu terlebih dahulu. (HR. Bukhary dan Muslim, Abu Dawud dan Turmudzi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Agar tidak menulis pesan yang melanggar undang-undang dan etika, akan dihapus moderator.